Kurang Istirahat Jadi Salah Satu Penyebab Serangan Vertigo

Kurang Istirahat Menjadi Salah Satu Penyebab Serangan Vertigo

Cyberdakwah.net | Kurang Istirahat Jadi Salah Satu Penyebab Serangan Vertigo – Vertigo adalah suatu kegagalan manusia dalam menyingkronkan diri sendiri dengan lingkungan disekitarnya. Vertigo biasanya terjadi dengan disertai migrain atau sakit kepala sebelah.

Dokter spesialis saraf dari Klinik Matahari Samarinda, Eliawati mengatakan, bahwa vertigo dengan sakit kepala mesti dibedakan. Vertigo merupakan gangguan keseimbangan tubuh yang bukan termasuk dalam kategori sakit kepala.

Alat keseimbagan tubuh manusia terdapat tiga jenis. Pertama, vestibular yang merupakan alat keseimbangan yang terdapat pada bagian telinga (telinga dalam). Kedua, visual yang merupakan semua komponen yang berhubungan dengan penglihatan dan mata. Kondisi mata juling, atau bagian hitam mata tidak terletak tepat di tengah mata biasanya sering menyebabkan vertigo. Hal ini lantaran otak sulit mendeteksi benda yang dilihat oleh mata. Ketiga, somato yang termasuk didalamnya adalah kulit, leher, atau juga sendi yang dapat pula menyebabkan vertigo.

Menurut Eli, tidak hanya pusing saja yang menandakan vertigo, telinga berdengung atau kesemutan menjadi salah satu tanda dari vertigo. Namun kebanyakan orang lebih merasakan gejala seperti berputar, bergelombang dan seperti diayun diatas kapal laut.

Untuk penyebabnya, banyak hal yang dapat menyebabkan vertigo. Lelah bekerja, kurang istirahat dan tidur, atau bahkan terlalu banyak pikiranpun menjadi penyebab dari vertigo. “Anemia, hipotensi, atau stres juga membuat kita terkena vertigo”, tutur perempuan kelahiran tahun 1954 tersebut.

Vertigo ini dapat dialami oleh siapa saja, hingga yang belum pernah mengalami penyakit tertentu sekalipun. Apabila sudah pernah mengalami vertigo, resiko kekambuhan pun akan semakin besar. Kelelahan serta terlalu sering begadang dapat memperbesar kemungkinan kambuh.

Apabila anda mengalami pusing berputar, pandangan bergelombang hingga goyang, anda harus mengetahui apakah itu vertigo atau penyakit lain. Anda juga wajib mengetahui penyebab penyakit tersebut dan jangan sembarangan memberi obat vertigo sebelum mengetahui secara pasti penyebab pusing tersebut. “Bagi anak muda biasanya terlalu banyak menatap layar gadget,” terang dokter lulusan Universitas Airlangga tersebut.

“Ada juga vertigo disertai migrain. Ini tidak bahaya jika diketahui penyebabnya hanya kurang tidur. Tapi, kalau tidak kunjung berhenti perlu pemeriksaan lebih lanjut,” sambung dia. Dengan menggunakan EEG dan CT scan, dapat diketahui penyebab lain terjadinya vertigo. Bahkan, bisa jadi vertigo awal dari penyakit serius seperti tumor dan epilepsi.

“Hidup sehat, istirahat cukup, dan gunakan waktu dengan baik akan mencegah kita terserang vertigo,” ucap Eli seraya tersenyum.

Incoming search terms:

  • klinik matahari samarinda dokter saraf

Be the first to comment on "Kurang Istirahat Jadi Salah Satu Penyebab Serangan Vertigo"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*